KANG BAYU

Beranda » Mapel Produktif » KKPI » Kode Pesan Eror Pada MS. Excel

Kode Pesan Eror Pada MS. Excel

Assalamualaikum, wah apa kabar akang eteh? hari ni saya mau coba posting tentang kesalah kode atau perintah dalam MS. Excel nih…. memang Kadang-kadang kita mendapatkan tanda kesalahan di Excel dan tidak tahu letak kesalahannya. nah…dari pada bingung mening coba kita selidiki melalui artikel ini apa aja sih keslahan dalam pengoperasian MS. Excel ini semoga bermanfaat ya. Berikut ini beberapa pesan kesalahan di Excel dan penyebab kesalahannya

#NAME?

Pesan  #NAME muncul bila anda mereferensi sel atau fungsi yang tidak ada. Misalkan anda menamai sel A1 sebagai HARGA, namun telah menghapus nama tadi, maka sel B1 yang berisi rumus ‘=HargaxA2 akan memunculkan pesan kesalahan #name. Selain itu bila anda memanggil fungsi yang tidak ada ‘=terbilang(), dimana fungsi tersebut belum dimasukkan dalam module, atau menuliskan nama fungsi secara salah (=average() ditulis =avrage(), pesan kesalahan akan muncul.

Untuk membenarkan, check apakah fungsi yang anda tulis sudah benar atau nama sel tersebut belum dihapus

#REF! Error

#Ref! error akan muncul bila sebuah sel yang kita referensi tiba-tiba hilang karena di delete atau ditindih. Untuk membenarkan kesalahan ini, check apakah sel yang dituju masih ada atau tidak.

#DIV/0! Error

Pesan ini muncul bila anda membagi dengan pembagi 0. Untuk membenarkan, coba cari pembaginya, mengapa bisa menjadi 0

#VALUE! Error

Pesan ini muncul bila anda mengisi fungsi dengan nilai yang salah, atau sel yang seharusnya berisi angka, isinya text. Contohnya bila kita memasukkan fungsi  =if(“a”,1,0)  akan menghasilkan pesan salah  #VALUE!.  Untuk membetulkannya, periksa apakah argumen fungsinya sudah benar

#NUM! Error

Kesalahan ini muncul bila anda memasukkan argument non numerik ke sebuah fungsi yang mengharapkan nilai numerik.

#N/A Error

Kesalahan selain yang disebutkan diatas, akan muncul pesan salah ini. Misalkan data hilang, memanggil fungsi yang tidak ada, nilai yang salah untuk dimasukkan dalam sebuah fungsi dll. Sering pesan error ini muncul bila nilai yang ingin anda cari (vlookup, match) tidak ada.

Untuk menset agar #?? Error Tidak Muncul ketika diprint

Pilih worksheet yang akan diprint. Klik Page Setup dan Klik tab Sheet. Selanjutnya pilih tab Print dan di Cell Errors, pilih (blank).

Update

Satu hal yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, adalah bahwa excel sebenarnya sudah memberikan fasilitas untuk mencek kesalahan pada sebuah rumus. Dengan begitu, kita tidak perlu bingung-bingun dalam mencari letak kesalahannya.

Fungsi yang disediakan adalah Formula Auditing (pada Excel 2002). Caranya:

1. Klik sel yang berisi formula yang akan di check

2. Pilih Tools®Auditing®Evaluate Formula. Maka akan muncul  jendela berikut ini

Klik Evaluate untuk mengetahui hasilnya. Dan Klik Step In agar Excel menghitung fungsi tersebut satu-persatu

Klik terus, Sehingga anda akan tahu dimana posisi yang salah. Misalkan kesalahan #Ref, berarti sel yang sebelumnya diacu, telah dihapus. Kesalahan #num, berarti masukan yang seharusnya nomor, ternyata berisi text dst.

Untuk Excel 2007, Lihat Formula — Evaluate Formula


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Big DayMaret 5th, 2012
The big day is here.
%d blogger menyukai ini: