KANG BAYU

Beranda » Cerita Inspiratif » UMUM » Perang Uhud

Perang Uhud

Para Bloger dan pngunjung yang saya hormati…..melanjutkan cerita sejarah perang Badar kini saya teringat dan ingin melanjutkan ke perang Uhud, semoga ini semakin membawa kita dan menebalkan keimanan kita.aamiin

Pada tahun ke-3 kafir Quraisy Mekkah dibawah pimpinan Abu sufyan bergerak menuju Madinah mengomandani 300 pasukan tempur, termasuk 700 pasukan bertameng dan 200 pasukan berkuda. Bahkan para istri turt membantu suami mereka. Tepat pada tanggal 10 maret mereka tiba di Dzul Hulaifah, di lembah Akik sekitar 5 Mil sebelah barat kota Madinah. Pada hari kamis 21 maret 625 M, mereka berada di hilir Lembah Uhud.

Kettika Nabi Muhammad saw. Mengetahui kesiapan pasukan kafir Mekkah, beliau memerintahkan pasukanya untuk bersiaga. Semula Nabi saw. Merencanakan tetap bertahan dari dalam kota madinah. Setelah mempertimbangkan pendapat para sahabat, Nabi mengubah ketetapannya untuk berangkat menyambut musuh diluar kota Madinah. Beserta 1000 pasukan Nabi berangkat ke medan perang, tetapi dalam perjalanan 300 orang munafik membelot dibawah pimpinan Abdullah bin Ubay bin Salul, sehingga kekuatan pasukan Nabi hanya tinggal 700 Orang.

Pada suatu pagi, Nabi saw. Dan pasukan muslimin tiba di perbukitan Uhud. Di sini pasukan Nabi mengambil posisi dan mendirikan perkemahan darurat. Nabi memutuskan untuk bertempur dari arah balik bukit. Untuk itu Nabi memerintahkan 50 tentara pemanah agar bersiap diposisi Bukit Ainain. Untuk menjaga kesatuan gerak pasukan kavileri, Nabi menunjuk Zaid sebagai komandanya.

Ketika kafir Mekkah mengetahui kedatangan pasukan muslimin di Bukit Uhud, mereka menggerakan infanterinya dan separuh barisan berkuda dibawah pimpinan Ikrimah bin Abi Jahal menyerang ke arah posisi Nabi saw. Separuh pasukan mekah lainya dipimpin oleh Khalid bin al-Walid bergerak memutar menyerang tentara muslimin dari belakang.  Pada tahap awal peperangan tentara muslim memperoleh kemenangan gemilang, tetapi ketika pertempuran menjelang berakhir barisan pemanah muslim meninggalkan pos pos penjagaan mereka untuk mengambil harta rampasan. Akibatnya barisan pertahanan pasukan Islam hilang. Ketajaman naluri perang Khalid bin al-Walid segera melihat kesempatan menyerang pasukan dari arah belakang. Atas serangan Khalid ini, tidak ada jalan lain bagi pasukan muslimin kecuali harus mundur dan sebagian melarikan diri ke belakang.

Dalam situasi seperti ini Nabi Muhammad saw. Berusaha membangkitkan kembali semngat jaung pasukan islam, namun upaya ini tidak berhasil. Pada saat itu, salah seorang pemuka kafir Quraisy bernama Ibnu Kamia, sempat melempar batu ke arah Nabi saw dan mematahkan sebuah gigi depan Nabi. Ibnu kamia kembali ke bawah dengan menebar isu bahwa Nabi Muhammad berhasil dibunuhnya. Padahal sebenranya Nabi hanya terluka ringan. Tidak lama kemudian Nabi saw. Bangkit dan berhasil memanjat ke bagian atas bukit, dimana sebagian pasukan muslimin menunggunya, lalu beliau bersembunyi disini. Pasukan muslimin hampir-hampir tidak percaya bahwa pemimpinnya, Nabi Muhammad saw. Selamat dan masih hidup.

Akibat perang itu, skitar 70 pasukan muslim gugur terbunuh sebagai syuhada. Sedangkan pasukan kafir Quraisy Mekkah tewas sekitar 23 orang. Hindun, istri Abu Sufyan, usai peperangan memngoyok-ngoyok isi perut Hamzah, paman Nabi saw. Yang gugur dalam pertempuran tersebut.

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari peprangan tersebut. amiin


2 Komentar

  1. kangdoellah mengatakan:

    semangat perang uhud kita realisasikan pd era kekinian dgn sikap kita yg sll smangat berjuang dlm kbaikan n kbenaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Big DayMaret 5th, 2012
The big day is here.
%d blogger menyukai ini: