KANG BAYU

Beranda » Cerita Inspiratif » UMUM » PERANG BADAR

PERANG BADAR

Sengaja saya tulis perang Badar ini untuk para Bloger dan pengunjung, semoga ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita tentang sejarah Islam.

Terdapat banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinnya sejumlah peperangan antara Nabi SAW. dengan kaum musyrikin Mekah. Diantara sejumlah peperangan yang terjadi, Perang Badar tercatat sebagai perang yang pertama yang terpenting dalalm sejarah islam. Diantara sebab terjadinya peperangan tersebut adalah iri hati atau cemburu dan dendam.

Sejak Nabi Muhammad saw. datang ke Madinah, beliau berhasil mempersatukan masyarakat Madinah. Karena peran inilah Nabi diakui sebagi penguasa negeri ini. Sukses besar ini mendorong timbulnya kecemburuan dan benih-benih permusuhan musyrikin Mekah berkobar kembali.

Meskipun masyarakat madinah menerima  dan menyakini kebenaran islam, namun ada sebagian diantara mereka yang tidak dapat menerima kepemimpinan Nabi Muhammad saw. dan secara sembunyi-sembunyi melepaskan daerahnya dari kekuasaan Nabi Muhammad saw. Dibawah kepemimpinan Abdullah bin Ubay Salul, mereka menjalin hubungan rahasia dengan kaum kafir Mekah.

Peperangan ini terjaidi pada 17 Ramadhan tahun ke-2 H bertepatan dengan 8 januari 623 M di salah satu sumber mata air milik Badar. Sebelum berperang Nabi Muhammad saw. berdoa memohon kepada Allah agar membrikan keberhasilan dalam melawan musuh kafir mekkah yang jumlahnya jauh lebih besar. Dalam perang Badar ini, para suku umat Islam hanya 313 orang tentara, sedangkan pasukan musuh berjumlah 1000 orang tentara.

Dalam perang ini, umat islam meraih kemenangan yang sangat gemilang. Sejumlah pasukan musuh mati terbunuh dan sebagian lagi melarikan diri. Dalam pertempuran ini Abu Jahal tewas dan sebanyak 14 perjuangan muslim gugur sebagi Syuhada. Pejuang yang gugur sebagi syuhada ini terdiri dari 6 orang Muslim Muhajirin dan 8 orang kaum Anshor.

Kemenangan umat islam dalam perang Badar, merupakan titik tolak bagi perkembangan Islam selanjutnya. Dari sinilah kemudian umat islam ditantang untuk terus bertahan dari berbagai tantangan kaum kafir Quraisy.  Selain itu, kemenangan dalam perang Badar ini menimbulkan pengaruh besar terhadap para pengikut Yahudi dan suku-suku Badar di sekitar Madinah. Mereka mulai menyadari dan mengakui munculnya kekuatan Islam yang besar. Sebelum itu, orang-orang Yahudi meremehkan kekuatan muslim.

Sekian semoga Allah meridhoi kita dan para pembaca…

 


3 Komentar

  1. gunawank mengatakan:

    Berjuanglah demi kejayaan agama, wahai segenap muslimin………
    Laa takhof walaa tahjan…Innallaaha ma’anaa……………

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/04/03/biografi-muhammad-toha-pahlawan-bandung-lautan-api/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Big DayMaret 5th, 2012
The big day is here.
%d blogger menyukai ini: