Beranda » Info Sekolah » SMK Al-Fathimiyah » IPTEK » Apa Itu Makzul ?

Apa Itu Makzul ?

Mungkin kata ini sudah tidak asing lagi di kalangan pejabat pemerintahan dan Instansi lembaga lainya apa itu kata “MAKZUL” , namun sepertinya kata itu bagi orang awam sangat aneh. sambil garuk-garuk kepala mencoba menerawang arti Makzul itu apa dan coba-coba menerawang arti istilah tersebut, tapi tidak ketemu juga ya??hehe

Sebenarnya tidak ada yang penting dari kata tersebut tapi lumayan penting lah,,,,biar ga KUPDET alias KURANG UPDATE. oke sebentar lagi akan kita bahas arti kata “MAKZUL” tersebut.

Lumayan juga buat pengetahuan toh??

Oke begini, Arti Makzul berhenti memegang jabatan; turun takhta; me·mak·zul·kan v 1 menurunkan dr takhta; memberhentikan dr jabatan; 2 meletakkan jabatannya (sendiri) sbg raja; berhenti sbg raja;
pe·mak·zul·an n proses, cara, perbuatan memakzulkan dan lebih jelasnya Pemakzulan (lebih populer disebut impeachment) adalah sebuah proses dari sebuah badan legislatif   yang secara resmi menjatuhkan dakwaan terhadap seorang pejabat tinggi Negara. Pemakzulan bukan selalu berarti pemecatan atau pelepasan jabatan, tetapi hanya merupakan pernyataan dakwaan secara resmi, mirip pendakwaan dalam kasus-kasus Kriminal, sehingga hanya merupakan langkah pertama menuju kemungkinan pemecatan. Saat pejabat tersebut telah dimakzulkan, ia harus menghadapi kemungkinan dinyatakan bersalah melalui sebuah pemungutan suara legislatif, yang kemudian menyebabkan kejatuhan.

Pemakzulan berlaku di bawah undang-undang konstitusi di banyak negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Brasil, Rusia, Philipina, dan Republik Irlandia.

Sebagai contoh kata Makzul yang digunakan dalam berita yang beredar yang saat ini hangat di bicarakan adalah pemakzulan Jokowi Gubernur DKI Jakarta, berita ini di ambil dari http://www.vivanews.com berikut beritanya:

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Jumat 24 Mei 2013, mempertanyakan niat DPRD DKI Jakarta untuk memakzulkan Joko Widodo dari kursi Gubernur.

Rencana pemakzulan ini dilatarbelakngi ancaman mundurnya 16 rumah sakit dari program Kartu Jakarta Sehat (KJS).

“Kalau mau tanya, ya panggil kami saja. Hak tanya saja dibilang pemakzulan. Belagu banget,” kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota.

Justru Ahok mempertanyakan bagaimana upaya itu dilakukan. “Provinsi itu terdiri dari pemerintah dan DPRD. Ini Bukan seperti hubungan DPR dengan presiden. Ini beda,” tuturnya.

Mantan Bupati Belitung ini menjelaskan DPRD memang mempunyai banyak hak. Namun dalam permasalahan ini, DPRD juga bisa menggunakan hak interpelasi yang merupakan hak meminta keterangan.

“Interpelasi cuma hak bertanya. Kalau cuma mau tanya, langsung saja bisa kok. Nggak usah pakai gaya gitu. Itu jadinya cuma gaya-gayaan DPRD saja,” katanya.

Rencana pemakzulan terhadap Jokowi sudah digulirkan DPRD sejak dua hari lalu. Kamis kemarin, anggota Komisi E, Asraf Ali, menyatakan ancaman pemakzulan itu. Ia mengatakan sudah terkumpul 30 tanda tangan dari anggota DPRD yang akan mengajukan pemakzulan.

Penggalangan tanda tangan ini didorong rencana mundurnya 16 rumah sakit pelaksana program KJS. Dewan merespon semua keluhan rumah sakit akibat sistem pembayaran INA CBG’s yang diterapkan.

Nah banyak kata makzul kan??bagaimana sekarang tahu kan?? siapa tau nanti jadi Gubernur atau DPRD ketika mendengar kata Makzul antum tidak kaget.hehe

Semoga bermanfaat ya, salam.

About these ads

2 Komentar

  1. echa mengatakan:

    Info yg bermanfaat thanks :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Big DayMaret 5th, 2012
The big day is here.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.111 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: